Berapakah jumlah souvenir yang harus saya pesan ?

Dear Customer, untuk anda yang sedang merencanakan pernikahan. sangat penting untuk memastikan bahwa segala hal yang kuantitatif ( seperti Catering, Undangan, Souvenir ) yang terkait dengan kuota undangan dapat dipesan dengan jumlah yang optimal, tidak berlebih namun tidak kekurangan. Di sisi lain, kita terkait budgeting juga sehingga harus pandai-pandai mengatur manajemen keuangan. disinilah para pengantin dihadapkan dengan persoalan awal sebelum memulai rumah tangga, yaitu mengatur keuangan. di tahapan merencanakan pernikahan , proses ini secara tidak langsung akan mengajari anda bagaimana menyusun keuanan anda. 

Dalam dunia wedding organizer, salah satu pos pengeluaran yang bisa kita atur seoptimal mungkin adalah yang terkait jumlah, seperti undangan, catering, souvenir. nah kali ini saya akan membahas tentang souvenir, karena hal ini penting. anda tentu tidak mau sehabis acara nanti sisa souvenirnya terlalu banyak, ataupun sehabis acara ternyata ada laporan kalau souvenir anda kurang sehingga ada beberapa tamu yang kecewa karena tidak mendapatkan kenang-kenangan dari anda. 

Dari pengalaman kami, adalah hal yang unik melihat bagaimana customer-customer kami menceritakan bagaimana mereka berdiskusi untuk sepakat pada jumlah souvenir yang dihendaki. kami menemukan ada 4 alternatif selama ini.

1. Averaging

adalah dimana jenis souvenir yang dipesan terdapat 2 jenis , satunya lebih tinggi budgetnya, satunya lebih rendah budgetnya. namun hasil akhirnya kurang lebih dengan budget awal 

Contoh untuk budget 5.000.000 dan undangan 400 orang,

undangan reguler 300 orang dan  VIP 100 orang 

souvenir yang mereka pesan

A 300x10.000

B 100x20.000

2. Budget Oriented

untuk yang budget oriented, customer hanya memesan sesuai dengan budget yang ada, apabila ada lebih mereka pesankan lebih.

contoh untuk budget 5.000.000 dan undangan 450 orang, souvenir yang dipesan harga 10.000 . kemungkinan dipesan sekitar 500pcs karena untuk dilebihkan sedikit apabila ada undangan yang di last minute tambahan

3. Quantity Oriented

Untuk yang quantity oriented adalah yang stric/ketat dengan jumlah undangan mereka. biasanya untuk yang model RSVP sehingga tamu yang datang sudah pasti sehingga mereka bisa mencadangkan jatah masing-masing customer

4. Underforecast Oriented

underforcast ini kurang direkomendasikan namun ada juga beberapa customer yang memilih ini, biasanya terjadi pada yang undangannya banyak diluar daerah, jadi misal dia acara di Jogja, sementara ada sebagian (misal 10%) tamu di jakarta. maka souvenir yang dipesan lebih sedikit dari undangan awal dikarenakan berasumsi yang diluar daerah ini tidak datang.

terlepas dari banyaknya pilihan strategi menentukan jumlah souvenir yang seharusnya dipesan, anda harus melihat secara keseluruhan pada acara anda. apakah ada kemungkinan menggelembung untuk undangan anda ataupun, apakah anda sudah memperhitungkan keluarga besar yang seringkali tidak ada di dalam jatah undangan namun ternyata jumlahnya signifikan ?